27
Jum, Nov
196 New Articles

Hakim Agung AS Ruth Bader Ginsburg Meninggal Dunia, Trump: Dia Wanita Luar Biasa

Ruth Bader Ginsburg

Amerika
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Washington 19/9 --- Hakim Agung sekaligus aktivis gender Amerika Serikat, Ruth Bader Ginsburg, meninggal dunia di usia 87 tahun pada Jumat (18/9/2020) setelah berjuang melawan kanker pankreas. Ginsburg ditunjuk menjadi Hakim Agung AS pada 1993 oleh Presiden Bill Clinton dan merupakan perempuan kedua yang menjadi hakim agung di negara itu.

Semasa hidupnya, Ginsburg konsisten memberi suara progresif di banyak masalah sosial, termasuk hak aborsi, pernikahan sesama jenis, imigrasi, dan kesehatan.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa Ginsburg telah menjalani kehidupan yang luar biasa.

"Dia adalah wanita yang luar biasa baik Anda setuju atau tidak dia adalah wanita luar biasa yang menjalani kehidupan yang luar biasa," ucapnya seperti dilansir CNN.

"Bangsa Kita telah kehilangan ahli hukum yang memiliki reputasi bersejarah," kata Ketua Mahkamah Agung John Roberts dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

"Kami di Mahkamah Agung telah kehilangan seorang kolega yang disayanginya. Hari ini kami berduka, tetapi dengan keyakinan bahwa generasi mendatang akan mengingat Ruth Bader Ginsburg seperti yang kami kenal - seorang pejuang keadilan yang tak kenal lelah dan tegas."

Sebagai salah satu dari empat hakim liberal di pengadilan, kesehatannya diawasi dengan ketat. Kematian Ginsburg meningkatkan prospek Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, yang mencoba memperluas mayoritas konservatif. ***