30
Jum, Okt
221 New Articles

Ketua MPR: Lakukan Tatap Muka dengan Pelaku UMKM dan Mendata Kebutuhan serta Bantuan Apa Saja

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Ekonomi
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 9/9 -- Pemerintah perlu memberikan bantuan yang lebih dari stimulus maupun bantuan modal bagi pelaku sektor usaha mikro, kecil, dan menengah/UMKM. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong Pemerintah melakukan tatap muka dengan pelaku UMKM dan mendata kebutuhan dan bantuan apa saja yang diperlukan bagi pelaku UMKM, agar kebutuhan dan bantuan tersebut dapat tepat sasaran dan tepat guna.

"Mendorong Pemerintah memberikan pendampingan kepada pelaku sektor UMKM untuk dapat mengoperasikan pembukaan pasar baru dengan memanfaatkan teknologi dan digitalisasi, sehingga produk yang dipasarkan memiliki daya saing dan target pasar yang tepat," kata Bamsoet di Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Ketua MPR juga mendorong Pemerintah berkomitmen untuk fokus mendukung pengembangan UMKM, dikarenakan UMKM merupakan salah satu tulang punggung perekonomian yang cukup besar pengaruhnya bagi negara.

 

"Mendorong Pemerintah tetap berupaya mengoptimalkan pemberian stimulus dan bantuan modal untuk pemulihan dan pengembangan UMKM, dengan melakukan inovasi namun tetap disesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini," jelasnya.

Bamsoet mendorong Pemerintah agar stimulus dan bantuan dapat menjangkau seluruh UMKM yang ada, seperti dengan memperbaiki sarana sosialisasi dan komunikasi antara pemerintah dengan UMKM, sehingga bantuan dan stimulus dari pemerintah dapat dipergunakan dengan baik oleh pelaku UMKM.


"Mendorong pemerintah membantu UMKM untuk membuka akses pasar dan modal, seperti memasarkan UMKM melalui pameran virtual produk UMKM hingga perizinan dan kesiapan UMKM untuk mengekspor produknya," pungkasnya. ****