Ketua DPR Apresiasi Putusan ESDM Cabut Izin Usaha Pertambangan Blok Silo

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (BIRO PEMBERITAAN PARLEMEN DPR RI)

Pertambangan & Energi
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 11/2 -- Izin Usaha Pertambangan dan Wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus di Blok Silo, Jember  dicabut oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan akan dikembangkan menjadi agrobisnis seperti kopi dan padi. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi terhadap putusan Kementerian ESDM, mengingat tambang-tambang tersebut sudah tidak produktif dan tidak mempunyai izin, serta mengakibatkan rusaknya lingkungan hidup.

"Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pemerintah Daerah (Pemda) memberi kemudahan kepada petani mengusahakan lahan-lahan tidur untuk digarap sebagai lahan pertanian," kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) bekerjasama dengan koperasi petani agar membeli dan memasarkan produk pertanian dari kelompok tani.

Kementan juga diminta untuk melakukan kajian terhadap jenis tanaman dan pemanfaatan lahan eks-tambang serta memberikan penyuluhan kepada petani bagaimana teknik bertani untuk menghasilkan hasil yang baik, agar dapat bersaing dengan produk pertanian dari luar negeri, demikian Ketua DPR. ***