21
Rab, Agu
168 New Articles

Rusak Lingkungan, Ketua DPR: Hentikan Pertambangan Emas Ilegal

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (BIRO PEMBERITAAN DPR RI)

Pertambangan & Energi
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 29/5 --- Pertambangan emas tanpa izin (PETI) yang merambah Taman Nasional marak sehingga mengancam keutuhan ekosistem akibat kerusakan lingkungan dan seringkali menimbulkan korban jiwa karena longsor, seperti kasus PETI di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, Provinsi Sulawesi Utara.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) bersama Pemerintah Daerah dan Kepolisian untuk menghentikan kegiatan penambangan dan menindak tegas sesuai dengan Undang-Undang No. 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara, serta melokalisir daerah taman nasional dengan melakukan penjagaan dan pengawasan yang ketat.

"Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Dinas Kehutanan dan Perkebunan agar melakukan perbaikan dengan melakukan reklamasi lahan pertambangan sebagaimana tercantum pada Pasal 43 Peraturan Pemerintah No. 76 Tahun 2008 tentang Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan," kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Rabu (29/5/2019).

Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah untuk mengkaji potensi daerah dan peluang usaha yang dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar sehingga masyarakat sekitar yang menjadi penambang emas ilegal dapat beralih profesi saat pertambangan emas ilegal ditutup, demikian Ketua DPR. ***