Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (BIRO PEMBERITAAN PARLEMEN DPR RI)

Jakarta 1/3 --- Terkait dengan tingkat kepatuhan perusahaan tambang yang rendah dalam menyetorkan dana jaminan reklamasi dan pasca tambang kepada Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Ditjen Minerba) atau gubernur, yaitu terdapat 61 persen dari 2.579 pemegang izin usaha pertambangan (IUP) belum melakukan penempatan dana jaminan (data Publish What You Pay/PYWP Indonesia), Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk mendesak para pemegang IUP untuk segera memenuhi kewajibannya dalam menempatkan dana jaminan reklamasi dan pasca tambang sebagaimana tercantum pada Pasal 22 ayat (1) huruf b dan Pasal 22 ayat (2) huruf a Peraturan Menteri ESDM No. 28 tahun 2018 tentang Pelaksanaan Kaidah Pertambangan Mineral dan Batubara.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (BIRO PEMBERITAAN PARLEMEN DPR RI)

Jakarta 21/2 -- Pemerintah berupaya untuk meningkatkan kegiatan ekplorasi di sektor hulu minyak dan gas bumi (migas), guna menangkal defisit migas pada 2025 mendatang. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) melalui PT Pertamina (Persero) untuk melakukan survei dan pemetaan terhadap sumber-sumber migas yang berada perairan laut dan darat.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (BIRO PEMBERITAAN PARLEMEN DPR RI)

Jakarta 11/2 -- Izin Usaha Pertambangan dan Wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus di Blok Silo, Jember  dicabut oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan akan dikembangkan menjadi agrobisnis seperti kopi dan padi. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi terhadap putusan Kementerian ESDM, mengingat tambang-tambang tersebut sudah tidak produktif dan tidak mempunyai izin, serta mengakibatkan rusaknya lingkungan hidup.

Artikel Selanjutnya...

Halaman 1 dari 4