27
Jum, Nov
196 New Articles

Bamsoet: Pemerintah masih Perlu Meningkatkan Strategi agar Investasi Terus Tumbuh Positif

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Keuangan
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 26/10 --- Penyerapan dan peningkatan kompetensi tenaga kerja perlu menjadi perhatian Pemerintah, akibat masa kritis investasi karena pandemi yang belum terlewati, sehingga kondisi perekonomian global masih cenderung lemah.

Terkait hal itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyatakan, Pemerintah dalam menyikapi realisasi investasi triwulan III-2020 yang tumbuh positif, agar menjadikan investasi untuk menyerap dan meningkatkan kompetensi tenaga kerja. Namun perlu diingat bahwa pertumbuhan positif investasi tersebut belum sepenuhnya melewati masa kritis, sehingga Pemerintah masih perlu mendorong dan meningkatkan strategi agar investasi dapat terus bertumbuh positif di masa mendatang.

"Pemerintah agar dapat memberikan jaminan kepada investor dan memastikan prospek investasi ke depannya dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker)," kata Bamsoet di Jakarta, Senin (26/10/2020).

Ketua MPR juga mendorong Pemerintah memperbaiki dan membenahi sistem kerja investasi di Indonesia, baik di bidang teknologi maupun di sektor ketenagakerjaan, dikarenakan digitalisasi dan pandemi Covid-19 telah menyebabkan terjadinya disrupsi tenaga kerja dan lapangan kerja. Perkembangan digitalisasi tetap perlu diikuti dengan baik, namun jangan sampai mendisrupsi tenaga kerja tanpa ada solusi lebih lanjut.

 

"Pemerintah agar tetap melakukan upaya pemulihan ekonomi yang disertai dengan upaya peningkatan keterampilan dan kompetensi tenaga kerja sehingga pekerja siap kembali ke dunia kerja," tambahnya.

Bamsoet menyebutkan, bahwa Pemerintah perlu menyediakan jaring pengaman bagi pekerja, meningkatkan sistem pendidikan dan pelatihan bagi pekerja, dan juga memberikan insentif untuk investasi di pasar dan pekerjaan. ***