19
Kam, Sep
124 New Articles

Ketua DPR Dorong Pemerintah Evaluasi Penyerapan Anggaran untuk Belanja Negara

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (BIRO PEMBERITAAN PARLEMEN DPR RI)

Keuangan
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 15/8--- Terkait perlunya peningkatan terhadap kualitas belanja pemerintah agar dapat memberikan dampak signifikan bagi perekonomian Indonesia,  Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Pemerintah untuk melakukan evaluasi dari penyerapan anggaran untuk belanja negara, terutama terkait produktifitas instrumen belanja, perbaikan akuntabilitas, dan transparansi tata kelola belanja negara.

"Sehingga alokasi anggaran belanja barang ataupun modal kementerian dan lembaga dapat tepat sasaran, dilakukan dengan efektif, dan sesuai dengan peruntukkannya berdasarkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) kementerian maupun lembaga," kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Ketua DPR juga mendorong Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) untuk melakukan kajian terkait belanja kementerian dan lembaga, agar ke depannya belanja kementerian dan lembaga dapat berperan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) agar melakukan pemeriksaan pelaksanaan anggaran kementerian maupun lembaga secara rutin dan berkala yang dilakukan dengan transparan agar tidak terjadi penyimpangan pelaksanaan belanja negara di kementerian maupun lembaga," pungkasnya. ****