22
Jum, Nov
105 New Articles

Antisipasi Lonjakan Harga, Ketua DPR: Cek Stok Pangan

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (BIRO PEMBERITAAN DPR RI)

Perdagangan
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 19/12 --- Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyatakan, Kementerian Perdagangan (Kemendag), Badan Urusan Logistik (Bulog), Pemerintah Daerah (Pemda), dan Dinas Perdagangan agar melakukan peninjauan pasar dalam rangka mengantisipasi kenaikan harga pangan, salah satunya dengan melakukan pengecekan stok pangan di setiap daerah, serta kesiapan produsen dan distributor untuk menghadapi permintaan yang meningkat menjelang Natal 2018 dan tahun baru 2019.


Penegasan ini terkait meningkatnya harga sejumlah bahan pangan pokok yang terjadi menjelang libur Natal 2018 dan tahun baru 2019, seperti telur ayam ras dari Rp 23.000/kg menjadi Rp 27.000/kg, daging ayam ras dari Rp 34.000/kg menjadi Rp 35.000/kg, beras dari Rp 9.363/kg menjadi Rp 10.700/kg, dan cabai dari Rp 28.000/kg menjadi Rp.32.074/kg.

"Mendorong Kemendag), Bulog, bersama Pemda dan Dinas Perdagangan untuk menekan laju kenaikan harga pangan dengan melakukan operasi pasar sebagai upaya untuk melakukan pengendalian laju kenaikan harga pangan, agar tidak ada spekulan atau pengusaha yang mendorong kenaikan harga secara berlebihan," kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Rabu (19/12/2018).


Satuan Tugas Pangan (Satgas Pangan) Polri agar meningkatkan pengawasan dengan melakukan sidak, baik ke tempat penyimpanan stok ataupun pasar-pasar, guna menghindari adanya produsen, distributor, ataupun pedagang yang mencari untung dengan menimbun stok bahan pangan, serta menindak tegas spekulan maupun pengepul yang terbukti mengakibatkan harga pangan melesat tinggi di pasaran, demikian Ketua DPR. ***