22
Jum, Nov
105 New Articles

Lakukan Kajian Aturan, Besaran Jumlah Daging Ayam yang Diimpor dari Brasil

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (BIRO PEMBERITAAN PARLEMEN DPR RI)

Perdagangan
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 8/8 -- Pemerintah kembali akan membuka impor daging ayam dari Brasil sebagai langkah tindak lanjut kekalahan Indonesia atas gugatan Brasil ke World Trade Organozation (WTO) mengenai keputusan pemerintah Indonesia yang menutup impor ayam dari Brazil, karena tidak mengantongi sertifikasi sanitasi internasional dan sertifikasi halal.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo
mendorong Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Kementerian Pertanian (Kementan) untuk melakukan kajian mengenai aturan, besaran jumlah daging ayam yang diimpor, dan standar yang harus dipenuhi Brasil dalam ekspor daging ayam ke Indonesia, terutama dari segi kesehatan, kelayakan konsumsi, dan sertifikasi halal.

"Pemerintah agar menyiapkan langkah antisipasi kemungkinan anjloknya harga ayam dalam negeri akibat adanya impor daging ayam dari Brasil, sehingga upaya tersebut dapat mencegah peternak kembali mengalami kerugian karena tidak bisa bersaing dengan daging ayam impor," kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Ketua DPR juga mendorong Kemendag melakukan negosiasi perdagangan dengan Brasil, agar dapat bekerja sama dalam menerima ekspor komoditas maupun barang-barang lainnya hasil produksi Indonesia. ***