Segera Lakukan Sertifikasi Halal dengan Memenuhi Persyaratan Sesuai Ketentuan

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (BIRO PEMBERITAAN PARLEMEN DPR RI)

Perdagangan
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 11/7 -- Diperlukan sertifikasi halal bagi semua produk makanan dan minuman yang dipasarkan oleh para pelaku industri makanan dan minuman, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekspor produk halal Indonesia.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Agama (Kemenag) melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) agar meminta kepada seluruh pelaku industri/ produsen makanan dan minuman untuk segera melakukan sertifikasi halal dengan memenuhi sejumlah persyaratan sesuai ketentuan yang tercantum dalam Undang-Undang No 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, mengingat sertifikasi halal tersebut mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap suatu produk.

"Kemenag bersama BPJPH untuk menyediakan dan memperbanyak auditor halal dalam melakukan proses sertifikasi halal agar setiap produk yang didaftarkan dapat diproses dengan cepat, mengingat jumlah Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) masih terbatas," kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Pemerintah agar fokus pada peningkatan nilai tambah produk halal dengan melakukan inovasi produk, mengingat selama ini mayoritas ekspor produk halal masih dalam bentuk bahan mentah, seperti kopi, teh, ikan, dan minyak kelapa sawit, demikian Ketua DPR. ***