20
Sab, Jul
220 New Articles

Ketua DPR Dorong Kementan dan Bulog Serap Gabah Kering Petani di Atas Biaya Produksi

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (BIRO PEMBERITAAN PARLEMEN DPR RI)

Industri
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Jakarta 5/4 --- Harga gabah di tingkat petani di sejumlah sentra masih di bawah biaya produksi dan harga pembelian pemerintah, dan kondisi ini diperkirakan akan berlangsung sampai bulan Mei 2019. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Bulog untuk membantu para petani dengan menyerap gabah kering petani (GKP) diatas biaya produksi, agar petani tidak merugi.

"Kementan, Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan Bulog secara bersama mengkaji dan mengevaluasi sistem yang ada saat ini dalam menyalurkan beras yang ada di Bulog, dan mempertimbangkan pasar komersil sebagai alternatif kanal penyaluran," kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Kementan melalui Badan Pengembangan dan Penelitian untuk memberikan sosialisasi kepada petani agar gabah yang dihasilkan memenuhi standar kualitas penyerapan yaitu kadar air maksimal 25 persen dan kadar hampa maksimal 10 persen.

"Mendorong Pemerintah untuk memperbaiki sistem penyaluran Gabah dari petani, mengingat salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan adalah kepastian penyaluran di hilir," demikian Ketua DPR. ***