Indo 24

Hari Raya Waisak Momen Terwujudnya Kedamaian dan Kerukunan

Ketua DPR Bambang Soeatyo PUSAT INFORMASI ANTI HOAX

ASATUNEWS.CO.ID — Selasa (29/5/2018) besok umat Buddha di Indonesia merayakan hari raya Waisak 2562/2563 yang mengangkat tema “Bertindak, Berucap, Berpikir Baik Memperkokoh Keutuhan Bangsa.

“Selamat Hari Raya kepada seluruh umat Buddha di Indonesia serta berharap momen tersebut dijadikan sebagai tolok ukur bagi terwujudnya kedamaian dan kerukunan,” kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Senin (28/5/2018).

Sebagaimana diketahui, puncak perayaan Tri Suci Waisak tahun ini secara nasional akan dipusatkan di pelataran candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (29/5/2018) besok. Sebanyak 1.617 personel kepolisian diterjunkan untuk mengamankan hari raya umat Buddha tersebut.

“Pengamanan dilakukan oleh personel Polres Magelang, dipertebal dengan Polda Jawa Tengah, jumlahnya 1.617 personel. Pengamanan mulai dari persiapan sampai akhir kegiatan,” kata Wakil Kepala Polda Jawa Tengah, Kombes Polisi Ahmad Lutfi, di sela bakti sosial di Candi Borobudur, Jumat.

Panglima Kodam IV Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Wuryanto meyakinkan bahwa rangkaian kegiatan Waisak umat Buddha di komplek Candi Borobudur akan berjalan aman. “Saya yakin betul, kegiatan sosial ini jauh dari ancaman-ancaman yang dikhawatirkan. Meskipun antisipasi tetap dilakukan,” ucapnya.

Menurutnya, semua jajaran TNI maupun Polri mendukung sepenuhnya perayaan keagamaan yang diadakan umat Buddha, juga umat lainnya yang dalam waktu dekat adalah hari raya Idul Fitri atau Lebaran. (**/Kompas)

Popular

To Top