DPR Sebut Pemerintah Siap Hadapi Mudik

Lasarus DPR GOID

ASATUNEWS.CO.ID — Wakil Ketua Komisi V DPR RI Lasarus menyatakan pemerintah siap dalam menghadapi arus mudik Lebaran tahun 2018 dan diharapkan agar kesiapan ini terus berlanjut hingga arus balik mendatang.

“Kami melihat dari tahun ke tahun terjadi perbaikan, bahkan signifikan sekali karena ada perbaikan di sektor infrastruktur,” kata Lasarus dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (11/6/2018).

Politisi PDIP itu juga menilai bahwa dari berbagai penjelasan yang disampaikan dalam rapat kerja, berbagai pemangku kepentingan dinilai telah siap menyambut arus mudik.

Untuk itu, ujar dia, agar kesiapan yang baik tersebut juga dapat diselaraskan dengan aspek keamanan, terutama sekali terkait dengan angka kecelakaan yang harus ditekan.

Apalagi, ia mengingatkan bahwa saat ini ruas tol yang akan difungsikan bertambah sehingga diharapkan arus lalu lintar juga dapat menjadi semakin lancar dan angka kecelakaan juga menurun.

Komisi V DPR, lanjutnya, juga menginginkan agar kualitas pelayanan tempat peristirahatan dapat ditingkatkan, serta juga pelayanan tarif di berbagai moda transportasi Nusantara agar dapat diawasi.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menilai, kesiapan jalur mudik 2018 lebih baik dibanding 2017 karena tersedia tiga pilihan rute jalan nasional.

Selain itu, menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (5/6), jalur mudik 2018 juga didukung oleh tersambungnya jalan tol Jakarta-Surabaya baik secara operasional maupun fungsional.

“Tahun ini, kami laporkan ke DPR dalam raker (rapat kerja) kemarin (4/6), jalur mudik lebih baik dibanding tahun lalu. Kondisi jalan nasional tahun ini 90 persen mantap,” katanya.

Basuki menjelaskan, di Pulau Jawa, pemudik punya pilihan tiga rute jalur mudik jalan nasional yang bisa menjadi pilihan pemudik selain jalan tol.

Pertama adalah Pantai Utara atau Pantura sepanjang 1.341 km, Lintas Tengah 1.197 km dan Lintas Selatan 1.405 kilometer (km).

Khusus untuk Pantai Selatan (Pansela), Menteri Basuki kembali mempromosikan pemudik untuk melewati jalur yang dipenuhi obyek wisata tersebut.

“Jalur Pansela untuk mudik Lebaran 2018 sudah tersambung dari Banten sampai Pacitan. Sedangkan dari Pacitan ke Banyuwangi baru akan kami kerjakan tahun ini dengan memperlebar jalan,” katanya.

ANTARA

444 total views, 1 views today