DPR Dorong BPOM Awasi Peredaran Makanan dan Minuman

Ketua DPR Bambang Soesatyo DETIK RIAU

ASATUNEWS.CO.ID– Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Komisi IX DPR mendorong Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bersama BBPOM dan Dinas Kesehatan Daerah untuk terus melakukan pengawasan terhadap makanan dan minuman yang beredar di masyarakat dan menarik makanan dan minuman yang diketahui tidak layak konsumsi, serta memberikan kriteria makanan dan minuman yang mengandung zat-zat berbahaya kepada masyarakat.

Bamsoet memberikan penegasan ini terkait beredarnya makanan dan minuman mengandung boraks, formalin, dan tanggal konsumsi kadaluarsa, yang ditemukan oleh Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di sejumlah swalayan di daerah Bali, Palembang, dan Surabaya.

“Meminta Komisi IX DPR mendorong BPOM mengimbau swalayan untuk melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap makanan yang dijual dan memberikan teguran kepada swalayan yang masih menjual makanan tidak layak konsumsi,” kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Politisi Partai Golkar ini meminta Komisi VI DPR dan Komisi IX DPR mendorong Kemenkes dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) untuk melakukan pendampingan terhadap usaha kecil yang bergerak di bidang makanan konsumsi untuk tidak menggunakan zat yang berbahaya, mengingat masalah kesehatan merupakan kewajiban kita bersama untuk menjaganya.

“Meminta masyarakat untuk lebih selektif dalam membeli makanan dan minuman baik di swalayan maupun di pasar tradisional,” demikian Bamsoet. (***)

248 total views, 1 views today