Indo 24

Antisipasi Karhutla DPR Dorong KLHK dan Satgas Aktif Patroli

Ketua DPR Bambang Soesatyo ANTARA

Jakarta 19/7 (Asatunews.co.id) –Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) seluas 300 hektare terjadi di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan serta ditemukan 159 titik panas yang menyebar di Sumatera dan lima titik panas di Kalimantan Tengah.

Atas kondisi ini, Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Komisi IV DPR mendorong Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Polisi Hutan bersama dengan Satuan Tugas (Satgas) Karhutla di Provinsi untuk secara aktif melakukan patroli, guna mencegah terjadinya kebakaran dan kerusakan hutan, serta menindak tegas pelaku pembakaran sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 32 tahun 2016 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.

“Meminta Komisi II DPR, Komisi IV DPR, dan Komisi V DPR mendorong Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pemerintah Daerah (Dinas Kehutanan), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Satgas Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk meningkatkan patroli dan melakukan pemadaman terhadap titik api agar karhutla tidak meluas, mengingat asap yang disebabkan oleh kebakaran menyebabkan polusi udara yang dapat mengganggu pelaksanaan ASIAN Games 2018 dan berimbas ke negara tetangga,” kata Bamsoet dalam pernyataan di Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Politisi Partai Golkar ini juga meminta Komisi II DPR dan Komisi IV DPR mendorong Kemendagri melalui Pemerintah Daerah (Dinas Kehutanan Daerah) dan KLHK untuk mengadakan sosialisasi pentingnya penjagaan karhutla serta teknik pembukaan lahan dengan cara tidak membakar hutan dan lahan, sehingga dapat menggugah kepedulian masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi karhutla.

“Mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk turut berpartisipasi aktif dengan melakukan berbagai upaya pencegahan karhutla serta saling mengingatkan untuk tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar,” demikian Ketua DPR. (**)

238 total views, 3 views today

To Top