Jakarta 24

Anies Minta Wali Kota Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Jakarta, 17/7 (Asatunews.co.id) — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta para Wali kota dan Bupati untuk melakukan pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba di lingkungannya, mengingat saat ini Jakarta angka penyalahgunaan narkoba tertinggi di Indonesia.

“Ini salah satu PR yang saya berikan kepada para wali kota baru. Apa PR-nya adalah soal pengamanan lingkungan masyarakat kita. Karena itu instruksi saya pada mereka semua, datang ke warga,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (17/7/2018). Para wali kota setiap malam sekarang melakukan pertemuan dengan tokoh – tokoh masyarakat, katanya.

“Untuk bisa kita mengaktifkan pengamanan itu, karena narkoba itu dua, sisi suplai dan sisi permintaan. Sisi suplai dikerjakan oleh BNN dan kepolisian karena mereka memangkas peredaran sisi permintaan adalah menjaga agar jangan masyarakat mencari dan menurunkan potensi pecandu yang baru,” kata Anies.

Untuk menurunkan potensi para pengguna yang baru artinya masyarakat harus ada pencegahan dan itu sekarang coba diaktifkan melalui Wali kota, katanya.

“Kita ingin nanti bekerja sama dengan Pak RT, RW untuk bisa menjadi benteng di tiap-tiap kampung dalam mencegah dan melaporkan bila ada kejadian serta waspada atas potensi ini dan saya setuju sekali itu,” kata Gubernur.

Terkait adanya lima tempat hiburan yang di kawasan Jakarta Utara dan Jakarta Barat yang menurut Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN), Irjen Pol Arman Depari diduga tempat peredaran narkoba.

“Menurut saya begini bila perlu melakukan langkah tindakan hukum langsung bergerak saja. Kami turut mendukung jadi karena yuridiksi untuk itu wewenang untuk melakukan tindakan ada pada aparat kepolisian,” kata Anies.

Jadi aparat kepolisian kalau sudah namanya peredaran aparat kepolisian dan BNN bertindak, maka didukung, katanya.

ANTARA

148 total views, 6 views today

To Top